Tips ampuh cara mengupas Telur Puyuh

Masak Cepat - Telur puyuh, meski cukup tinggi nilai proteinnya tetapi karena bentuknya yang mengil membuat susah dalam penanganannya, apalagi jika dalam jumlah yang banyak. Cukup susah kan membayangkan jika harus mengupas puluhan atau bahkan ratusan telur puyuh.

Jangan pesimis dulu dong Bunda...!. Kali ini Mas Cep akan berbagai pengalaman dalam mengupas telur puyuh dan membantu bunda tidak parno lagi saat berhadapan dengan si mungil yang satu ini.

Hampir setiap hari (saat di rumah tentu saja) Mas Cep membantu istri tersayang mengupas mengupas 120-an butir telur puyuh untuk membuat sekitar 30 tusuk sate telur puyuh (satu tusuk berisi 4 butir telur). Jumlah yang cukup untuk membuat jemari menari he...he..he...

Pertama kali membuat sate telur puyuh, mas Cep dan Istri beberapa kali mengalami kendala dan kesulitan, maklumlah namanya juga baru. Terutama saat mengupasnya yang menurut saya sangat lama.  Setelah bersusah payah dan berpikir keras, istri Mas Cep bertanya pada rumput yang bergoyang, eits Googling dan browsing untuk mencari jawabnya.

Dari berbagai macam cara yang kami coba, akhirnya cara terbaik menurut kami adalah sebagai berikut:

  1. Saat merebus, tambahkan sedikit garam kedalam air lalu rebus dan rebus telur sampai masak (waktu perebusan akan sangat tergantung dari jumlah telur yang direbus)
  2. Setelah telur masak, lalu tiriskan telur dalam saringan dan dinginkan dengan aliran air dari kran. Atau dapat dengan mengganti air beberapa kali hingga telur menjadi benar-benar dingin. Kata istri saya, semakin dingin semakin mudah dikupas. 
  3. Untuk mengupas, bunda cukup menghancurkan kulit luarnya hingga merata. Cara mudah untuk menghancurkan kulit luar dari telur puyuh dalam jumlah yang cukup banyak adalah dengan mengocoknya bersama-sama didalam wadah tertutup. Jangan terlalu keras ya, karena jika terlalu keras kadang ada sebagian telur yang hancur. 
  4. Kalau sudah hancur kulit luarnya, carilah bagian yang ada rongga udaranya. Biasanya ronggo udara berada pada sisi telur yang lebih tumpul dan tentu saja, bunda harus memulai pengupasan. Waktu yang dibutuhkan untuk mengupas setiap butirnya sekitar 15 detik atau bisa kurang, tergantung jam terbangnya he...he...he......

Gimana Bunda, cukup mudah bukan?!
Share on Google Plus

About Mas Cep

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: