Tips - Panduan Asupan Selama Bulan Puasa

Masak Cepat - Bunda.., bulan puasa sudah dekat loh...! Selain persiapan fisik, psikis dan rohani menjelang puasa, ada satu hal yang Bunda juga harus siap. Yupz..., menu masakan selama bulan puasa.
Memasuki Bulan puasa, sudah menjadi kewajiban Bunda untuk  lebih memperhatikan  asupan-asupan buat keluarga. Asupan yang cukup baik, bergizi dan berimbang  dalam sajian buka puasa dan sahur akan membantu keluarga tetap sehat dan lancar menjalani puasa selama sebulan penuh. 
Untuk itu, Mas Cep akan berbagi tips untuk Bunda dalam menyiapkan asupan bagi keluarga selama bulan puasa. 

Langsung saja ya Bunda.., berikut Tips bagi para Bunda dimana saja berada :

1.      Buah-buahan
Buah-buahan menjadi pilihan yang tepat untuk selalu disajikan saat buka puasa. Buah-buahan, sebagai makanan yang mengadung gula alami sangat mudah dicerna oleh tubuh dan tentu saja aman. Selain itu, buah juga mengandung  berbagai nutrisi yang dapat membantu transisi antara masa berpuasa dan berbuka menjadi terasa mudah.
Saran Mas Cep, Bunda sebaiknya sebisa mungkin membatasi penggunaan gula pasir karena dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan.
Pilihan buah : Buah kurma, pisang, pepaya, mangga, melon, semangka, kiwi, apel, air buah kelapa atau banyak jenis buah-buahan lainnya sangat ideal sebagai menu takjil. 

2.      Konsumsi air Putih Yang cukup 
Air merupakan kebutuhan yang harus tercekupi selama puasa. Penting bagi bunda untuk memperhatikan konsumsi air putih bagi seluruh keluarga. Usahakan dari saat buka puasa sampai saat sebelum tidur, minimal minum 1 liter air untuk tiap orang. 
Cara yang lebih mudah adalah dengan cara atau pola 2-4-2, yaitu mengkonsumsi air puti 2 gelas saat berbuka, 4 gelas setelah makan malam sampai mau tidur serta 2 gelas saat sahur. Dengan pola tersebut harapannya kebutuhan air akan tercukupi.

3.      Sayuran Hijau
Yang satu ini Bunda harus perhatikan ya...?! Sayuran hijau mudah dicerna dan memiliki kandungan alkalin yang tinggi. Jenis sayuran ini sangat ideal untuk memaksimalkan kesehatan Bunda dan keluarga selama menjalani puasa.
Pilihan Sayur : Bayam, Kangkung, Brokoli, Sawi, Selada, Daun Singkong, Buncis, kacang panjang dan lainnya

4.      Makanan Sumber Protein
Seperti yang Bunda ketahui, protein dibedakan menjadi 2, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani adalah protein yang dihasilkan oleh hewan, sedangkan protein nabati adalah protein yang berasal dari bermacam tumbuhan. 
Sebagai sumber protein nabati, Bunda bisa menyajikan kacang-kacangan selama bulan puasa. adalah pilihan yang tepat. 
Pilihan : Kedelai (termasuk tahu dan tempe) kacang merah, kacang mete, kacang tanah, kacang Brazil, kacang hijau dan kacang macadamia merupakan bahan makanan yang tepat dimakan setelah berpuasa.
Perlu diingat juga, Profit asam yang terkandung dalam protein hewani diperlukan manusia untuk proses pembentukan perkembangan tubuh manusia. 
Untuk sumber protein hewani, daging ayam, ikan, telur susu, keju, yogurt dan lainnya juga perlu bunda siapkan sebagai asupan selama puasa. Seluruh makanan ini bisa dicerna perlahan oleh tubuh sehingga rasa kenyang bisa bertahan lebih lama.

5.      Kabohidrat
Untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, Mas Cep sarankan Bunda untuk menyajikan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat komplek banyak terdapat pada gandum, nasi merah, dan ubi.  Jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat menstabilkan gula darah dan dapat memberikan ‘efek’ kenyang lebih lama.
Pilihan : Beras merah, Oat, Ubi



Semoga dengan Tips yang Mas Cep berikan puasa Bunda sekeluarga dapat berjalan lancar. Jangan lupa untuk menengok menu-menu yang sudah Mas Cep bagikan untuk sajian berbuka dan sahur ya....
Share on Google Plus

About Mas Cep

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: