Tips Menghilangkan Rasa Pahit Pada Pare

Masak Cepat -  Pahit, itu kata yang pasti terlintas saat mendengar kata “ PARE atau  PARIA “. Bahkan beberapa orang akan mengeryit, sontak rasa pahit langsung menjalar terasa sampai ke tenggorokan.  


Namun semua orang pasti juga mengakui, dibalik rasa pahit yang dikandung oleh tanaman berdaging bergerigi ini, tersimpan banyak khasiat. Buah pare dikenal bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit kuning, malaria, membersihkan darah, membunuh sel kanker  melancarkan pencernaan dan banyak manfaat lainnya.



Bagi para penggemar pare, bukan hal yang susah untuk mengolah sayuran ini, menjadi makanan yang sangat mak nyusss. Alih-alih pahit yang dirasakan, malah selera makan akan meningkat tajam. Rasa pahit yang Anda bayangkan nyaris terlupakan. 



Walaupun rasanya pahit, namun olahan dari buah pare ini banyak disukai orang. Jika anda ingin mencicipinya, jangan khawatir rasa pahit buah pare bisa dikurangi . Ada trik khusus bagaimana cara mengurangi rasa pahit buah pare ini. 



Untuk menghilangkan rasa pahit sama sekalinya sepertinya tidak mungkin karena memang itulah ciri khas dari buah pare yang identik dengan rasa pahit.  Bagaimana cara mengurangi rasa pahit pada buah pare, mari kita simak tips berikut :



1. Gunakan Garam
Potong pare menjadi dua bagian, buang biji dan bersihkan selaput putih yang ada pada bagian dalamnya. Setelah itu iris tipis buah pare, tambahkan garam halus lalu remas-remas sampai pare lemas. Diamkan lebih kurang 15 menit, lalu cuci bersih diair mengalir. Pare siap untuk diolah sesuai keinginan
Atau bisa juga dengan merebus pare dengan air yang ditambahkan garam sampai pare setengah empuk. Lalu tiriskan airnya. Pare siap di masak .



2. Gunakan Gula Pasir
Tak jauh berbeda tekniknya dengan menggunakan garam, hanya mengganti pengunaan garam dengan gula pasir. Meremas pare dilakukan untuk mambantu agar cairan atau disebut sebagai ekstrak pahit dalam daging buah pare bisa keluar. Sehingga pahit pada buah pare akan berkurang.



3. Daun Jambu Biji
Hampir sama dengan penggunaan garam, pare direbus daun jambu biji. Sebelum direbus, remaslah terlebih dahulu daun jambu biji yang akan digunakan. Rebus pare dalam air mendidih sekitar 5 menit saja, sampai setengah matang. Untuk ½ kg buah pare gunakan 10 lembar daun jambu biji.



4. Gunakan Lempengan Tanah Liat
Merebus pare dengan lempengan tanah liat yang dikeringkan bisa juga mengurangi rasa pahit pada buah pare. Anda tidak akan kesulitan memperoleh lempengan kering tanah liat ini, karena banyak dijual dipasar tradisional 



5. Bumbu Masak 
Mengolah pare dengan variasi bumbu yang kaya menjadikan pare menjadi satu hidangan yang sangat lezat. Misalnya penggunaan bumbu kacang, kombinasi bawang bombay dan penambahan ikan teri, ebi atau udang segar pada olahan anda
Share on Google Plus

About Mas Cep

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: