Rawon Surabaya

Masak Cepat - Jalan-jalan ke Surabaya, atau jawa timur, Hemm...., pasti tidak ada yang akan melewatkan makanan yang satu ini. Rawon, makanan khas dengan kuah yang berwarna hitam ini selalu bikin kita kangen. Sup daging berkuah hitam sebagai karena campuran bumbu khas yang mengandung kluwek ini asalnya adalah masakan khas Jawa Timur. Namun Rawon juga dikenal pula oleh masyarakat lain di Indonesia. 

Umumnya, daging untuk rawon adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil. Rasanya yang khas berasal dari bumbu kuahnya yang sangat khas Indonesia, yaitu campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas (laos), ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, garam, serta minyak nabati. Semua bahan ini dihaluskan, lalu ditumis sampai harum. Campuran bumbu ini kemudian dimasukkan dalam kaldu rebusan daging bersama-sama dengan daging. 

Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge kecil, daun bawang, kerupuk udang, daging sapi goreng (empal) dan sambal. Di luar negeri ternyata Rawon disebut sebagai "Black Soup".

Bagi yang nggak sempat mampir atau lagi kangen dengan masakan yang satu ini, berikut Nylive berikan resepnya. Selamat memasak...


Bahan-bahan :
300 grDaging sapi
1 1/2 literair
1 ruas Lengkuas, geprek
3 lembar Daun jeruk
2 lembar Daun salam
1 batang Serai, geprek
1 batang Daun bawang

Bumbu halus:
7 buah Kluwek, dicicipi dulu jangan sampai ada yang pahit
8 siung Bawah merah
6 siung Bawang putih
2 cm Jahe
1 sdm Ketumbar
1 sdt Merica
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Penyedap rasa sapi secukupnya

Bahan sambal :
5 buah Cabai rawit
3 buah Cabai keriting

Pelengkap Hidangan :
Kecambah selera
Telur asin selera

Cara Memasak : 

  • Rebus air sampai mendidih, lalu masukkan daging. Biarkan masak hingga jadi seperti kaldu daging. Tambahkan sedikit garam agar tidak terlalu prengus bau sapi. Rebus hingga kuranglebih 45 menit atau sampai daging cukup empuk. Kalau punya presto bisa dipakai saja agar tidak lama.
  • Sementara merebus daging, haluskan bumbu rawon. Saya pakai blender biar halus dan tidak bergrenjel bahan-bahannya. Lalu, tumis bumbu hingga bau langu hilang. Tambahkan lengkuas, daun jeruk yang disobek, daun salam dan serai. Tumis lagi hingga layu.
  • Keluarkan daging, lalu potong-potong kotak. Lalu masukkan lagi ke dalam kaldu bersama dengan bumbu yang sudah di tumis. Bumbui dengan garam dan gula. Bila kurang terasa dagingnya tambahkan penyedap rasa secukupnya. Cicipi kemudian rebus hingga bumbu meresap ke daging. Saya rebus sampai 15 menit. Terakhir masukkan daun bawang yang sudah dipotong.
  • Untuk sambal, haluskan semua cabai. Lalu rawon siap dihidangkan bersama toge dan bawang goreng. Jangan lupa telur asinnya. Selamat mencoba!
Share on Google Plus

About Mas Cep

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: